Peranan Media Pembelajaran Puzzle Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik di Sekolah Dasar .

Peranan Media Pembelajaran Puzzle Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik di Sekolah Dasar

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Kualitas pendidikan yang sangat tinggi diperlukan untuk mendukung terciptanya manusia yang cerdas dan berkualitas serta mampu bersaing di era globalisasi. Pendidikan memiliki peranan dalam pembentukan karakter, perkembangan ilmu, dan mental seorang anak yang nantinya akan tumbuh menjadi seorang manusia dewasa yang akan memberikan pengaruh terhadap lingkungannya. Pendidikan diharapkan mampu memelihara dan meningkatkan ilmu pengetahuan agar dapat membentuk peserta didik dalam kecerdasannya. Dalam mencapai tujuan pendidikan tersebut, diperlukan kerjasama antara guru dan siswa. Keaktifan siswa dalam kegiatan belajar adalah untuk menekankan pemahaman atas persoalan atau segala sesuatu yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting dalam keberhasilan dalam pembelajaran, karena keaktifan akan berpengaruh besar pada keberhasilan proses pembelajaran. Semakin tinggi keaktifan siswa, maka keberhasilan proses belajar seharusnya juga menjadi semakin tinggi.

Menurut Sardiman (2011), keaktifan adalah kegiatan yang bersifat fisik maupun mental, yaitu berbuat dan berpikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Menurut Surtikanti dan Santoso (2007), pembelajaran yang berkualitas adalah terlibatnya peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Keterlibatan yang dimaksud adalah aktivitas mendengarkan, komitmen terhadap tugas, mendorong berpartisipasi, menghargai kontribusi/pendapat, menerima tanggung jawab, bertanya kepada pengajar atau teman dan merespons pertanyaan. Keaktifan belajar adalah proses kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya secara intelektual dan emosional sehingga siswa mampu berpartisipasi secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar (Sudjana, 2010). Keaktifan dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya, peserta didik juga dapat melatih berpikir kritis, serta dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Belajar aktif adalah mempelajari dengan cepat dan tanggap, menyenangkan, penuh semangat, keterlibatan secara pribadi, dan mempelajari sesuatu dengan baik. siswa aktif harus dapat mendengar, melihat, menjawab pertanyaan dan mendiskusikan dengan orang lain.

Peranan Media Pembelajaran Puzzle Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik di Sekolah Dasar

Strategi belajar yang tepat untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran secara aktif salah satunya menggunakan model pembelajaran menggunakan media puzzle. Dalam proses belajar mengajar yang diharapkan adalah menjadikan peserta didik sebagai center pembelajaran. Dengan menggunakan media puzzle diharapkan anak lebih aktif dan semangat. Media pembelajaran  puzzle yang merupakan suatu media pembelajaran potongan-potongan gambar yang disusun hingga terbentuk menjadi suatu bentuk gambar yang utuh. Pemilihan media puzzle selain menarik dan dapat memusatkan perhatian peserta didik, media puzzle juga juga merupakan alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan dengan cara menyambungkan bagian atau mengasah daya pikir, melatih kesabaran, menumbuhkan keaktivan, dan membiasakan kemampuan peserta didik. Pengajaran menggunakan media puzzle sangat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif, mau bekerja secara produktif menemukan berbagai pengetahuan. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan keaktivan belajar peserta didik agar dapat mengeluarkan pendapat dan memiliki keaktivan dalam proses belajar mengajar.

Read More

Pengertian Media Puzzle menurut Soebachman, permainan Puzzle adalah permainan terdiri atas kepingan-kepingan dari satu gambar tertentu yang dapat melatih kreativitas anak, keteraturan, dan tingkat konsentrasi. Permainan Puzzle dapat dilakukan oleh anak-anak hingga anak belasan tahun, tetapi tingkat kesulitannya harus disesuaikan dengan usia anak yang memainkannya ( Soebachman, 2012 ). Rahmanelli 2017, menyebutkan puzzle adalah permainan merangkai potongan-potongan gambar yang berantakan menjadi suatu gambar yang utuh.

Manfaat media puzzle dapat menumbuhkan rasa kebersamaan peserta didik, media puzzle dapat menumbuhkan semangat peserta didik dalam belajar,dapat menarik dan perhatian peserta didik, mengasah kemampuan anak, melatih untuk focus dan konsentrasi, dan melatih kesabaran.

Penulis : Rina Hayati Simanungkalit, S.Pd, SDS Candra Naya, Kec. Tambora, kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

Related posts