Mengenal Angka Melalui Media Kantong Bilangan .

Mengenal Angka Melalui Media Kantong Bilangan

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini adalah suatau upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai anak usia 6 tahun yg dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Masa paling tepat untuk belajar anak  adalah saat anak masih usia dini. Apalagi jika anak sudah berusia PAUD, maka harus dikenalkan dengan angka. Tapi, bagaimana cara mengenalkan angka pada anak saat usia dini? Sebenarnya, ada beberapa cara yang mudah dilakukan oleh orang tua. Perlu diketahui, mengenal angka menjadi salah satu dasar kemampuan matematika untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Ada 4 cara yang bisa dicoba oleh orang tua, yakni:

Read More
  1. Gunakan benda , cara pertama adalah dengan menggunakan benda yang konkret .
  2. Metode bermain , orang tua bisa mengajak anak untuk belajar sambil bermain. Gunakan metode bermain yang menyenangkan atau bisa dengan bernyanyi.
  3. Manfaatkan benda sekitar rumah Tak perlu membeli alat permainan edukatif, tapi orang tua bisa menggunakan benda apa saja yang ada di rumah. Misalnya di rumah ada 3 bola, maka bisa digunakan untuk mengajari berhitung pada anak usia dini. Atau gelas plastik juga bisa dipakai.
  4. Gunakan APE Jika di rumah kebetulan ada alat permainan edukatif (APE), maka bisa digunakan untuk mengajari berhitung atau mengenal angka pada anak. APE tidak harus membeli , kita bisa membuat APE sendiri dari berbagai media yang mudah dicari , misalnya menggunakan APE kantong bilangan untuk mengenalkan angka pada anak usia dini . APE kantong bilangan mudah di buat dan bahanya relatif murah serta mudah di dapatkan .

Penulis : Nurul Hasanati S.Pd Guru TK IT Najmul Wildan, Nalumsari Jepara – Jawa Tengah

Related posts