Penggunaan Media Papan Perkalian di Kelas II SDN 116/VIII – Jambi.

Penggunaan Media Papan Perkalian di Kelas II SDN 116/VIII - Jambi

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan sebagai proses belajar siswa untuk berinteraksi dengan sumber belajar yang memprioritaskan siswa dalam penguasaan kognitif (pengetahuan), psikomotorik (keterampilan), dan afektif (sikap) (Popiyanto & Yuanta, 2018). Adapun selanjunya dapat dikatakan pendidikan sekolah dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar baca, tulis, hitung, pengetahuan, keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangan serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SMP Susanto (2015:89). Untuk itu penting nya pendidikan dalam proses dan sebagai ilmuh dan bekal masyarakat di kehidupan sehari-hari khususnya pada pembelajaran matematika.

Pembelajaran matematika selalu terkait dalam kehidupan sehari-hari untuk itu pentingnya pendidikan matematika baik di setiap jenjang pendidikan, dapat dilaksanakan pembelajaran matematika diajarkan di taman kanak-kanak sejak usia dini secara informal. Dalam proses kegiatan pembelajaran matematika, alangkah baiknya jika guru menggunakan media guna menunjang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Media Papan Perkalian di SDN 116/VIII Pemayungan, Kec. Sumay Kab Tebo – Jambi

Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan untuk merangsang pola pembelajaran agar dapat menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar sehingga kegiatan belajar mengajar dapat efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Read More

Untuk itu peranan media juga sangat penting dalam proses pembelajaran pada pelajaran matematika khususnya pada materi perkalian, media papan perkalian menurut Khamidin (2017), Media papan perkalian adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi perkalian berulang, berupa papan yang berlapis flanel. Melalui media pembelajaran ini siswa dituntut aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi perkalian.

Media Papan Perkalian di SDN 116/VIII Pemayungan, Kec. Sumay Kab Tebo – Jambi

Media papan perkalian adalah alat yang digunakan untuk menyampaikan materi penjumlahan berulang. Melalui media pembelajaran ini siswa dituntut aktif dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa matematika materi perkalian.

Adapun alat dan bahan serta cara pembuatan papan perkalian sebagai berikut :

Bahan

  1. Styrofoam
  2. Triplek seukuran styrofoam
  3. 10 Gelas plastik bening
  4. Kertas warna-warni (Origami)
  5. Stik es krim
  6. Angka-angka (di print)
  7. Alat
  8. Penggaris
  9. Pensil
  10. Cutter
  11. Gunting
  12. Lem fox
Penggunaan Media Papan Perkalian di SDN 116/VIII Pemayungan, Kec. Sumay Kab Tebo – Jambi

Cara pembuatan 

  1. Tempelkan styrofoam dengan triplek menggunakan lem fox, agar kuat
  2. Garis menggunakan pensil, agar saat penempelan gelas plastik dapat sejajar
  3. Gunting sedikit pinggiran mulut gelas plastik, agar saat di tempel dapat sejajar dengan styrofoam (tidak ngambang)
  4. Tempelkan gelas plastik menggunakan solasi timbal balik
  5. Tempelkan gelas plastik, masing-masing garis di isi 4 gelas. Atas bagian kiri 1 gelas (untuk tempat stik) dan bawah sebelah kiri 1 gelas (untuk tempat hasil Perkalian)
  6. Hias styrofoam menggunakan kertas warna (origami)
  7. Guntung angka-angka yang sudah di print kemudian tempel pada gelas yang telah tersedia dan dilapisi dengan kertas warna-warni
  8. Berikan tulisan nama media pada bagian atas
  9. Media papan perkalian siap di gunakan

Penulis : Anjas Isnaini, S.Pd Guru  SDN 116/VIII Pemayungan, Kec. Sumay Kab Tebo – Jambi

Related posts