Kreatifitas Anak TK .

TK Negeri Pembina 3 Tarakan, Kota Tarakan - Kalimantan Utara.

RadarJateng.com, Pendidikan Kreatifitas adalah ungkapan yang tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi anak-anak prasekolah yang selalu berusaha menciptakan sesuatu sesuai fantasinya. Kreatifitas pada anak di TK ditampilkan dalam berbagai bentuk, baik dalam membuat gambar yang disukainya maupun dalam bercerita atau dalam bermain peran, seperti berpura-pura menjadi ibu atau ayah ataupun menampilkan berbagai gerakan berkaitan dengan aktivitas motorik yang dilakukannya, seperti menunjukkan gerakan tari atau silat.

Mengapa kreatifitas pada anak perlu dimunculkan dan dikembangkan?. Menurut S.C. Utami Munandar, ada Lima alasan mengapa kreatifitas penting untuk dimunculkan, dipupuk dan dikembangkan dalam diri anak diantaranya :

  1. Dengan berkreasi anak dapat mewujudkan dirinya. Perwujudan diri adalah salah satu kebutuhan pokok manusia sebagaimana yang diungkapkan seorang ahli, Maslow (1968). Salah satu dari 6 kebutuhan pokok seorang manusia adalah aktualisasi / perwujudan diri.
  2. Dengan kemampuan berfikir kratif dimungkinkan dapat melihat berbagai macam penyelesaian masalah. Mengekspresikan pikiran-pikiran yang berbeda dari oranga lain tanpa dibatasi pad hakikatnya akan mampu melahirkan berbagai macam gagasan.
  3. Bersibuk diri secara kreatif (sebagaimana kebutuhan anak TK yang selalu sibuk dan ingin tahu)akan memberikan kepuasan kepada individu tersebut. Hal ini penting untuk diperhatikan karena tingkat ketercapaian kepuasan seseorang akan mempengaruhi perkembangan sosial emosionalnya.
  4. Dengan kretifitas memungkinkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Gagasan-gagasaan baru sebagai buah pemikiran kreatif akan sangat diperlukan untuk menghadapi masa depan yang penuh tantangan. Untuk itu pemikiran, sikap dan perilaku kreatif sangat perlu dimunculkan dipupuk dan dikembangkan sejak dini.
TK Negeri Pembina 3 Tarakan, Kota Tarakan – Kalimantan Utara.

Berdasarkan alasan-alasan diatas maka tujuan mengembangkan kratifitas pada anak TK sebagai berikut :

Read More
  1. Mengenalkan cara mengekspresikan diri melalui hasil karya dengan menggunakan tehnik-tehnik yang dikuasai.
  2. Mengenalkan cara dalam menemukan alternatif pemecahan masalah
  3. Membuat anak memiliki sikap keterbukaan terhadap berbagai pengalaman dengan tingkat kelenturan dan toleransi yang tinggi terhadap ketidakpuasan.
  4. Membuat anak memiliki kepuasan diri terhadap apa yang dilakukannya dan sikap menghargai hasil karya orang lain.
  5. Membuat anak kreatif, yaitu anak memiliki :
  6. Kelancaran untuk menemukan gagasan
  7. Kelenturan untuk mengemukakan berbagai alternatif pemecahan masalah
  8. Orisinilitas dalam menghasilkan pemikiran-pemikiran
  9. Elaborasi dalam gagasan
  10. Keuletan dan kesabaran atau kegigihan dalam menghadapi rintangan dan situasi yang tidak menentu.

Begitu pentingnya kreatifitas seorang anak untuk dikembangkan maka, guru sebagai salah satu lingkungan yang dapat menunjang kreatifitas yang berperan sebagai model, fasilitator, mediator, dan inspirator bagi anak dalam usaha memunculkan perilaku kreatif.

Penulis : Suwarni, S.Pd Guru TK Negeri Pembina 3 Tarakan, Kota Tarakan – Kalimantan Utara.

Related posts