Belajar Mengenal Warna Dengan Eksperimen di TK Runiah School Makassar..

Belajar Mengenal Warna Dengan Eksperimen di TK Runiah School Makassar.

RadarJateng.com, Pendidikan Dizaman era globalisasi seperti sekarang ini lebih mengutamakan belajar yang asyik agar tidak bosan dan timbul sikap malas belajar yang akan merugikan masa depan diri sendiri dan anak bangsa pada umumnya. Jadi, pada dasarnya seorang pendidik jangan sampai kehabisan ide –ide kreatif dalam menyampaikan dan mentransfer ilmu kepada peserta didik, penyampaian, cara, dan bahasa yang baik pula akan dapat membantu peserta didik dalam memahami suatu ilmu apalagi untuk pembelajaran pada anak usia dini.

Anak usia dini belajar secara bertahap dengan cara berpikir yang khas, Anak belajar dengan berbagai cara melalui proses interaksi dengan lingkungannya. Pada prinsipnya anak belajar melalui bermain, untuk itu perlu menyediakan kegiatan bermain yang sesuai dengan perkembangan anak sehingga anak bisa menjadi pembelajar aktif, dan memungkinkan anak menjadi semakin kreatif. Kegiatan bermain yang didukung oleh lingkungan yang kondusif, sesungguhnya memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar mengembangkan nilai-nilai karakter.Pada saat bermain, anak belajar berbagi, peduli, kerjasama, bertanggung jawab, dan lain-lain. Penanaman nilai-nilai karakter untuk anak usia dini akan terbangun pada saat anak melakukan praktek langsung dan melihat model/teladan dari orang lain.Untuk itu sangat diperlukan lingkungan yang kondusif yang akan mendukung pembentukan karakter anak.

Belajar Mengenal Warna Dengan Eksperimen di TK Runiah School Makassar.

Dalam dunia pendidikan anakanak di  zaman milenial seperti yang kita rasakan sekarang ini lebih menyukai melakukan eksperimen dibandingkan dengan mendengarkan materi yang disampaikan oleh gurunya. Eksperimen disertai dengan penyampaian materi akan lebih sempurna dan terarah  dikarenakan tingkat pemahaman peserta didik yang mengerti suatu pelajaran diserta dengan langsung melakukan praktek berbeda. Ada yang lebih memahami dengan membaca dan memahami, namun tidak sedikit juga anak yang di lapangan atau di laboratorium. Eksperimen di samping dapat lebih meyakinkan diri juga akan lebih menyenangkan dan bersemangat bagi siswa dalam belajar. Mereka dapat mengamati langsung objek pembelajaran tanpa harus membayangkan hal-hal yang tidak nyata.

Read More

Pembelajaran kali ini diawali dengan kegiatan pembuka meliputi berdoa bersama dan menyampaikan agenda kegiatan hari ini. Lalu dilanjutkan dengan penayangan video singkat tentang eksperimen yang akan dilakukan. Penayangan video sebagai stimulasi awal agar anak mampu memperkirakan kegiatan eksperimen yang akan dilakukan. Setelah itu guru menanyakan tahapan eksperimen untuk mengukur sejauh mana pemahaman anak. Guru mempersilahkan anak untuk mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan dan anak melakukan kegiatan eksperimen secara berkelompok untuk mengetahui sejauh mana koordinasi dan kerjasama anak satu dengan yang lain. Anak diberikan kebebasan menggunakan warna apa saja yang diinginkan sesuai dengan kesepakatan kelompok. Hingga sesi akhir pembelajaran anak menceritakan kegiatan yang telah dilakuakn dimulai dari tahapan eksperimen sampai keberhasilannya mencampur warna dan menghasilkan warna yang baru.

Penulis : Anggun Miftahul Ula, S.Psi – TK Runiah School  Makassar

Related posts