Mengenal Konsep Penjumlahan Bilangan Menggunakan Benda-Benda Konkret Pada Anak Usia Dini.

Mengenal konsep penjumlahan bilangan menggunakan benda-benda konkret pada Anak Usia Dini.

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun (A. Martuti, 2009: 16). Sementara itu, menurut kajian rumpun ilmu PAUD dan penyelenggaraannya yang dilaksanakan di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak 0-8 tahun (Maimunah Hasan, 2012: 17). Pada rentang usia tersebut, anak sedang berada pada masa tumbuh dan berkembang secara pesat. Pendidikan Anak Usia Dini akan menjadi fondasi awal bagi anak untuk perkembangan selanjutnya, karena melalui PAUD anak akan mendapatkan pendidikan dan stimulasi yang bermakna. Maka dari itu, pendidikan anak usia dini penting untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Aspek perkembangan anak usia dini harus dikembangkan dengan baik sesuai usia perkembangan dan pertumbuhan anak. Aspek perkembangan kognitif anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting untuk dikembangkan. Menurut Tadkiroatun Musfiroh (2005: 16), kognitif merupakan konsep yang sangat luas dan inklusif yang berkaitan dengan kegiatan mental dalam memperoleh, mengolah, mengoordinasi, dan menggunakan pengetahuan.

Mengenal konsep penjumlahan bilangan menggunakan benda-benda konkret pada Anak Usia Dini.

Dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak salah satu aspek penting yaitu kemampuan matematika pada anak. Kemampuan matematika anak usia dini antara lain mengenal bilangan, berhitung, seriasi, pengukuran, pola, klasifikasi, bentuk geometri, waktu, dan operasi bilangan. Kemampuan matematika dalam mengenal operasi bilangan dapat membantu anak untuk kehidupan sehari-hari anak, karena dalam kehidupan sehari-hari sering berhubungan dengan bilangan, berhitung, dan operasi bilangan. Kemampuan mengenal operasi bilangan juga dapat menambah pengetahuan anak untuk pendidikan selanjutnya.

Read More

J.Tombokan Runtukahu dan Selphius Kandou (2014: 105) menjelaskan bahwa operasi bilangan merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dalam kehiduan sehari-hari. Operasi bilangan adalah penjumlahan, pengurangan perkalian dan pembagian bilangan yang sangat dasar (tambah, kurang, kali, dan bagi) (Sudaryanti, 2006: 18). Dari penjelasan di atas bahwa anak usia 5-6 tahun sudah mampu untuk menambah/menjumlah dan mengurangi.

Mengenal konsep penjumlahan bilangan menggunakan benda-benda konkret pada Anak Usia Dini.

Piaget (Slamet Suyanto, 2005: 56) menyatakan bahwa pengenalan matematika sebaiknya dilakukan melalui penggunaan benda-benda konkret dan pembiasaan penggunaan matematika agar dapat memahami matematika, seperti menghitung, bilangan, dan operasi bilangan. Pembelajaran yang dilakukan untuk anak usia dini dengan benda konkret supaya pembelajaran lebih bermakna dan mudah dimengerti anak. Kegiatan pembelajaran pada pengenalan kemampuan operasi bilangan yang akan dilakukan yaitu penjumlahan dan pengurangan dengan benda konkret.

dengan menggunakan benda konkret karena benda konkret adalah benda yang nyata dan anak bisa bermain sambil belajar konsep operasi bilangan sesuka hatinya sampai benar-benar bisa.

Bantuan benda-benda konkret akan membuat anak lebih mudah menangkap materi ajar yang diberikan guru. Kelebihan lain dari benda konkret ini guru dapat menggunakan benda apa saja yang ada di sekitar lingkungan sekolah, atau benda yang anak-anak suka, dekat dengan anak dan tidak asing dengan anak.

Penulis : Dea Riska Oktaviani, S.Pd, TK Creative, Kec. Gondang, Kab. Tulungagung – Jawa Timur

Related posts