Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.

Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.

RadarJateng.com, Pendidikan Assalamu’alaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh, Perkenalkan nama saya Fauzan Riaji, S.Pd saya adalah seorang guru TK mengajar di TK ALDERCY ISLAMIC SCHOOL SURAKARTA. Disini saya akan menulis sedikit artikel tentang Media Loose Part untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Loose Part adalah bahan yang dapat di lepas pasang, dipindahkan, dirangkai, disusun, digabungkan maupun dibentuk sesuai dengan kreativitas dengan berbagai cara.

Loose Part biasanya terdiri dari bahan-bahan alam yang ada di sekitar kita seperti ranting pohon, daun kering, kerikil, bebatuan dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga dari bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai lagi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bermain anak seperti botol bekas, kaleng bekas, kardus bekas, papan bekas, potongan-potongan kertas, kain dan lain sebagainya.

Read More

Penggunaan loose part sendiri untuk pembelajaran anak usia dini sangat mudah karena menggunakan bahan bahan yang mudah didapatkan disekitar kita dan tentunya tidak memerlukan biaya yang mahal dan bahkan bisa kita dapatkan secara gratis. Selain itu loose parts bisa di lepas pasang dan tidak perlu menggunakan lem atau perekat dalam penggunaannya sehingga dapat dipakai berulang dan dapat disimpan Kembali setelah selesai digunakan untuk bermain.

Dengan berbagai kemudahan dalam memdapatkan bahan, banyaknya bahan, bahan mudah dilepas pasang, bahan mudah dimainkan sehingga memungkinkan anak untuk bermain sesuai kreativitasnya dan tidak terbatas. Kalua biasanya anak hanya membentuk sesuai contoh yang diberikan oleh guru, namun dengan loose part ini anak bisa membentuk bebas sesuai imajinasi dan kreativitas anak.

Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini.

Manfaat dari media loose part dalam pembelajaran untuk anak usia dini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kreativitas anak
  2. Meningkatkan daya imajinasi anak
  3. Mudah digunakan
  4. Mengembangkan berbagai kemampuan anak
  5. Mengasah motorik anak
  6. Barang yang sudah tidak terpakai menjadi bermanfaat
  7. Dapat digunakan berulang kali
  8. Bisa dimainkan secara individu maupun kelompok
  9. anak mengetahui berbagai bentuk dan ciri-ciri benda dari berbagai loose part
  10. Meningkatkan pengetahuan anak tentang berbagai benda yang belum pernah diketahui anak

Selain manfaat, media loose part juga mempunyai berbagai kelebihan. Diantara berbagai kelebihan media loose parts dalam pembelajaran anak usia dini adalah sebagai berikut:

  1. Bahan loose part mudah didapatkan
  2. Bahan loose part beraneka macam
  3. Bahan loose part bisa digunakan berkali-kali
  4. Tidak memerlukan biaya yang mahal
  5. Loose part mudah dimainkan
  6. Loose part bisa di bongkar pasang
  7. Tidak memerlukan lem atau perekat lainnya
  8. Anak akan lebih termotivasi membuat kreasi yang baru
  9. Bisa dimainkan secara individu maupun kelompok
  10. Dapat melatih Kerjasama anak
  11. Dapat melatih anak memecahkan masalah yang dihadapi Ketika bermain
  12. Melatih anak menuangkan ide dan gagasannya
  13. Satu bahan beraneka kegunaan tergantung imajinasi anak
  14. Mudah dikombinasikan dengan bahan pembelajaran lainnya
  15. Bahan yang beraneka macam membuat anak merasa sedang bermain saja, padahal didalam kegiatan bermain tersebut ada pembelajaran yang banyak dan tidak disadari anak. Hal ini membuat anak senang memainkan loose part

Selain kelebiah tersebut, media loose part juga memiliki beberapa kukurangan, diantaranya:

  1. Dalam pembelajaran menggunakan media loose part terkadang tujuan pembelajaran tidak tercapai. Hal ini dikarenakan kurangnya pengertian yang diberikan oleh guru tentang kegiatan yang akan dilakukan atau kurangnya penguatan sebelum kegiatan main, sehingga anak-anak dalam bermain kurang terarah dan kurang sesuai dengan tujuan dari pembelajaran tersebut.
  2. Karena bahan yang beraneka macam terkadang ada anak yang bingung memilih kegiatan yang akan dilakukan
  3. Sebagian guru menganggap pembelajaran menggunakan media loose part memerlukan biaya yang mahal, padalah loose part ada di sekitar kita dan mudah didapatkan, bahkan secara gratis dengan memanfaatkan bahan-bahan disekitar kita yang sudah tidak terpakai lagi.
  4. Dalam menyiapkan media loose part harus menyiapkan bahan-bahan yang beraneka macan dan banyak atau minimal sesuai dengan jumlah anak sehingga anak dapat berkreasi dengan maksimal dan tidak berebut dengan anak lain.
  5. Kita harus pandi-pandai memilah bahab-bahan bekas yang ingin kita pakai untuk membuat loose part sehingga aman digunakan untuk anak, hal ini karena beberapa bahan atau barang bekas kadang ada yang tajam ataupun runcing sehingga berbahaya Ketika dimainkan olah anak.

Demikian artikel tentang Media Loose Part untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Semoga dapat bermanfaat dan kita dapat memanfaatkan berbagai bahan alam disekitar kita serta dapat memanfaatkan bahan-bahan bekas disekitar kita untuk meningkatkan kreativitas anak dalam bermain maupun berkreasi, baik di rumah maupun di sekolah. Sehingga anak lebih suka bermain sambil belajar dengan bahan-bahan yang dapat menumbuhkan kreativitasnya dan kita dapat menyediakannya tanpa perlu memilirkan biaya yang mahal serta anak dapat terhindar dari kebiasaan bermain gaget atau handphone.

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel saya, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Penulis : Fauzan Riaji, S.Pd, TK Aldercy Islamic School Surakarta – Jateng

Related posts