Mengenalkan Huruf Vokal Kepada Anak Usia Dini Dengan Media Kotak Huruf Vokal.

Mengenalkan Huruf Vokal Kepada Anak Usia Dini Dengan Media Kotak Huruf Vokal

RadarJateng.com, Pendidikan Masa dini bagi anak merupakan masa emas (golden age) yang hanya datang sekali seumur hidup dan tidak dapat diulang. Pada masa ini anak berada pada periode sensitif dimana pada masa itu anak secara khusus mudah menerima berbagai stimulus dari lingkungannya. Masa usia dini merupakan masa yang paling tepat untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak. Melalui penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini, berbagai aspek perkembangan anak dapat dikembangkan secara optimal. Adapun aspek perkembangan anak meliputi aspek perkembangan fisik-motorik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial-emosional, perkembangan bahasa, moral dan agama.

TK Kasih Ibu Kebun Tanjung Keliling, Kec.Salapian Kab.Langkat Sumut

Bahasa merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam proses tumbuh kembang anak. Pengembangan bahasa pada anak dapat menjadikan anak lebih mudah dalam mengemukakan pemikiran dan mampu berhubungan dengan positif. Kegiatan membaca dan   kegiatan menulis sangat berkaitan erat dengan keterampilan keaksaraan yang baik. Dimana apabila anak belum mengerti tentang keasaraan awal maka anak tidak dapat belajar menulis dan membaca secara optimal. Pengenalan bahasa pada anak usia dini dimulai dari mengenalkan huruf. Menurut Firdaus dalam Jurnal Ilmiah Arifah dan Ridwan (2021) yang berjudul “Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dalam Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Pohon Bahasa (KARPOSA) Pada Anak Usia Dini Pembelajaran konsep mengenal huruf diharuskan   sejak usia dini agar meningkatkan kemampuan anak dalam mengetahui berbagai macam huruf, lembaga PAUD diyakini menanamkan pembelajaran keaksaraan anak.

Mengenalkan Huruf Vokal Kepada Anak Usia Dini Dengan Media Kotak Huruf Vokal

Pengenalan huruf pada anak usia dini salah satunya yaitu dengan mengenalkan huruf vokal kepada anak. Mengenalkan huruf vokal pada anak usia dini haruslah dibuat semenarik mungkin, agar anak dapat bersemangat untuk bermain sambil mengenal huruf vokal a, i, u, e, dan o. Salah satu media yang dapat membantu anak untuk mengenal huruf vokal yaitu dengan Kotak Huruf Vokal. Disini guru membuat media kotak huruf vokal dari kardus bekas yang murah dan mudah didapatkan.

Read More

Adapun langkah-langkah Membuat Media Kotak Huruf Vokal yaitu:

1. Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan digunakan yaitu ; Kardus bekas, Kertas Manila, Kertas Origami, Lem, Pisau Cutter, Gunting dan Spidol.

2. Kardus yang berbentuk persegi panjang di bungkus dengan kertas manilai secara keseluruhan.

3. Gunting origami menjadi 5 bagian, kemudian tuliskan kelima huruf vocal pada origami (a,i,u,e,o).

4. Lubangi kardus sebanyak 5 buah lubang dengan cara melubangi seperti lubang celengan (±4cm).

5. Tempelkan huruf vokal yang telah di tulis dikertas origami tersebut di atas setiap lubang celengan.

6. Kemudian buatlah huruf-huruf vokal dari kardus bekas tersebut, gunting kardus bekas 3x3cm sebanyak 15 s/d 20 buah kemudian lapisi dengan menempelkan origami pada permukaannya dengan origami yang berwana warni.  Setelah itu, tulis huruf vokal pada setiap kepingan kardus yang te lah bewarna warni tersebut dengan huruf-huruf vokal.

Mengenalkan Huruf Vokal Kepada Anak Usia Dini Dengan Media Kotak Huruf Vokal

Guru dapat menggunkan media ini, untuk mengenalkan huruf-huruf vokal pada anak dengan cara yang menarik. Guru dapat menjelaskan terlebih dahulu huruf-huruf vokal yang ada kepada anak. Kemudian guru dapat menyuruh anak satu persatu memasukkan kepingan huruf vokal kedalam lubang celengan kotak huruf sesuai dengan huruf vokal yang sama sambil anak menyebutkan bunyi huruf vokalnya. Guru juga dapat memvariasikan kegiatan dengan cara menyuruh anak untuk berlomba dengan temannya memasukkan huruf kedalam lubang celengan kotak huruf.

Penulis :Dewi Anggraini Tampubolon S.Pd. TK Kasih Ibu Kebun Tanjung Keliling, Kec.Salapian Kab.Langkat Sumut

Related posts