Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK Desa Glodog Palang Tuban.

Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK Desa Glodog Palang Tuban

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan merupakan kunci utama pembangunan suatu bangsa. Jika pendidikan berjalan dengan baik di suatu bangsa, maka implementasi yang akan dirasakan oleh bangsa tersebut secara langsung yaitu meningkatnya kualitas sumber daya manusia. Pendidikan yang bermutu pada dasarnya menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu pula, sumber daya manusia yang bermutu itu dipupuk sesuai dengan perkembangan potensi peserta didik semenjak pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Mereka yang mendapatkan layanan pendidikan itu kemudian menjadi manusia dewasa yang memiliki indikator kualifikasi ahli, terampil, kreatif, inovatif serta memiliki sikap dan prilaku yang positif Media dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini sangat penting digunakan, disebabkan karena 50 PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017

Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK DESA GLODOG perkembangan anak pada masa usia dini berada pada masa berfikir konkrit. Oleh karena itu salah satu prinsip pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata melalui media yang konkrit. Menurut Kustandi dan Sutjipto (2011:9) Media Pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dan sempurna.

Oleh karena itu, peran guru dalam menentukan media dalam proses belajar mengajar, dituntut untuk kreatif dalam upaya mengembangkan berbagai jenis aspek perkembangan yang dimiliki oleh tiap anak. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan media alam yang ada disekitar anak. Media bahan alam adalah segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita yang dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran. Media ini sangat murah namun dapat dipergunakan secara efektif dan efesien untuk pembelajaran.Yukananda (2012:5) Bahan/ media alam yaitu bahan yang langsung diperoleh dari alam. Media bahan alam dapat dimanfaatkan sebagai media dalam belajar. Bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai media adalah batu-batuan, kayu dan ranting, biji-bijian, daun, pelepah, bambu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan media bahan alam sebagai media pembelajaran oleh guru secara tepat akan membantu anak dalam menggembangkan berbagai aspek perkembangan anak baik aspek kognitif, sosial emosional, bahasa, motorik, moral dan nilai-nilai agama serta kecakapan hidup ( life Skill ).

Read More

Pada umumnya anak usia dini sering memperhatikan, membicarakan, dan menanyakan berbagai hal yang dilihat, didengar, dan dirasakannya. Mereka memiliki minat yang kuat terhadap lingkungan dan benda-benda yang ada disekitarnya seperti media bahan alam tersebut, dan ini sangat bermanfaat bagi aspek perkembangan anak usia dini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk menstimulasi aspek perkembangan anak usia dini adalah dengan memanfaatkan mediabahan alam sebagai media pembelajaran, seperti memanfaatkan batu-batuan, pasir, air, daun-daunan, tanaman, bambu, biji-bijian dan lain-lain. Banyak media yang terdapat di lingkungan alam sekitar anak yang dapat digunakan sebagai media atau alat peraga untuk kegiatan pembelajaran anak tanpa perlu biaya mahal. pemanfaatan media alam sebagai media belajar dapat memberikan pengalaman yang riil kepada anak, pembelajaran menjadi lebih konkrit, dan tidak verbalistik, sehingga anak lebih mudah menyerap pengetahuan, sebab pada masa usia dini anak berada pada masa 51 PAUD

Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 1, Oktober 2017 [Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK DESA GLODOG ] operasional konkrit, dimana pada masa itu anak lebih banyak menyerap pengetahuan melalui benda-benda nyata seperti media bahan alam tersebut. Selain itu, dengan menggunakan media bahan alam anak dapat berfikir sendiri dan dapat mengolah media alam yang sederhana tersebut menjadi sesuatu yang baru yang lebih bermakna. Berdasarkan hasil pengamatan, peneliti menemukan bahwa guru kurang memanfaatkan penggunaan media bahan alam dalam proses pembelajaran. Hal itu disebabkan karena guru lebih memilih menggunakan media yang instan seperti majalah, gambar, kertas, dan media yang dapat dibeli di pasaran, padahal banyak media bahan alam yang mudah didapat dilingkungan sekitar. Kurangnya ide kreatif guru dalam menciptakan suatu kegiatan dengan menggunakan media bahan alam, hal itu disebabkan karena guru beranggapan bahwa menggunakan media alam tidak praktis dan banyak kendala yang harus dipertimbangkan. Kurangnya strategi guru dalam memilih media untuk kegiatan pembelajaran anak contohnya guru hanya memanfaatkan media bahan alam yang ada dilingkungan sekolah saja seperti tanaman yang ada di TK padahal banyak media bahan alam yang ada diluar TK yang dapat digunakan guru.

Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK Desa Glodog Palang Tuban

Berdasarkan deskripsi singkat diatas peneliti tertarik mengkaji lebih jauh tentang penggunaan media bahan alam dalam proses pembelajaran anak usia dini yang dituangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul “Penggunaan Media Bahan Alam dalam Pembelajaran di TK PKK DESA GLODOG”.

METODE Berdasarkan permasalahan yang akan diteliti, maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana data hasil penelitian tidak berbentuk angka tetapi berbentuk kalimat. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Bogdan dan Taylor dalam Moleong (2012:4) mendefenisikan metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang- orang dan prilaku yang dapat diamati. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media bahan alam yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. [Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK GLODOG ] adalah guru dan peserta didikyang berada dikelas A sebanyak 13 anak, dimana data yang diperoleh lebih diutamakan dari guru dan anak didik sendiri. Kepala sekolah hanya menjadi pendukung dalam penelitian ini, dimana kepala sekolah sebagai informan disini hanya untuk mendapatkan informasi tentang guru, murid, ruangan yang digunakan untuk proses belajar mengajar serta visi dan misi, dan latar belakang pendidikan guru

HASIL DAN PEMBAHASAN, Berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan di kelas A yaitu ibu NA sebagai responden 1 dari bu TR sebagai responden 2, maka peneliti akan memaparkan tentang penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran di TK PKK GLODOG sesuai dengan format observasi. Berdasarkan observasi pada kelas A terlihat bahwa setiap harinya Ibu DA menyiapkan RKH sehari sebelum kegiatan dilakukan, RKH dirancang oleh ibu DA dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir yang sesuai dengan tema dan sub tema yang akan dilaksanakan untuk pembelajaran. Hal itu terlihat pada RKH tanggal 21 September 2022 pada tema “tanaman” dan sub tema “tanaman singkong”,terlihat dalam RKH guru merencanakan kegiatan kreatif membuat tongkat ibu peri dalam pengembangan motorik halus anak. Pada tanggal 23 September  2022, dengan tema “tanaman” dan sub tema “tanaman singkong”, terlihat guru merencanakan kegiatan mengecap daun singkong pengembangan motorik halus anak.  [Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di TK PKK DESA GLODOG] Terlihat pada kelas A ibu NA menyesuaikan alat dan media dengan kegiatan dan tema dan sub tema, hal ini terlihat dari bentuk kegiatan yang dirancang oleh Ibu NA khususnya dalam bidang pengembangan motorik halus anak dengan menggunakan media alam yaitu pada tanggal 24 September 2022 dengan tema “tanaman”, sub tema “tanaman singkong”, ibu DA merencanakan kegiatan kolase dari daun singkong, menempel daun singkong, mewarnai gambar daun singkong.

Penulis : Tinik Roulan, S.Pd, TK PKK Desa Glodog Keca Palang Kab Tuban – Jatim

Related posts