RadarJateng.com, Pendidikan – Bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi anak- anak usia dini,dengan bermain anak merasa belajar tanpa merasa di paksa karena anak merasa senang di dalam aktivitas belajarnya.
Media pembelajaran yang tepat digunakan di Pendidikan Anak Usia Dini adalah media pembelajaran yang menarik dn menyenangkan bagi anak. Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam pembelajaran memngenal lambang bilangan adalah Permaianan Jump Numbers
Permainan Jump Numbers merupakan salah satu aktivitas permainan yang hampir serupa dengan permainan engklek dengan arena bermainnya bervariasi dan melibatkan anak untuk aktif agar mengoptimalkan aspek-aspek perkembangan yang dimilikinya.
Menurut penelitian Mila Amalia (2016) universitas lampung, aktivitas permainan Jump Numbers dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak ,bermain Jump Nubers merupakan permainan yang dapat melatih daya ingat anak dalam mengingat angka yang berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak dalam mengenal lambang bilangan.
Dalam aktivitas bermain engklek Jump Numbers selain dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak juga dapat mengembangkan aspek perkembangan fisik motoric kasar anak ,membuat kemampuan fisik anak menjadi kuat karena dalam permainan ini anak di haruskan melompat-lompat di atas angka ,dapat juga mengasah aspek social emosional yaitu kemampuan bersosialisasi dengan orang lain,dan melatih untuk sabar menunggu giliran untuk bermain.
Langkah-langkah bermain Jump Numbers
- Guru menyiapkan arena bermain jump Numbers berupa gambar yang telah di desain dan tertera angka 1 sampai dengan 10 yang dapat di lompati dan dimain kan oleh 2 orng anak,
- kemudian mereka sama- sama melempar dadu secara bersamaan ,setelah dadu jatuh dan anak melihat angka an segera melompat menuju angka yang di lemparnya dengan bertahap melewati urutan angka,misal,pada dadu muncul angka 4 berarti anak harus melompati angka 1,2,dan 3 terlebih dahulu,
- setelah selesai anak mengambil kartu yang bertuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan angka pada lemparan dadu tadi,begitu seterusnya hingga siapa yang melempar dadu dengan melewati angka- angka dan menyebutkan angka tersebut sesuai dengan urutannya serta dapat menunjukkan kartu angka dengan tepat maka dialah pemenangnya.
Penulis : Susilawati,S.Pd,TKN PEMBINA KOTA TEBING TINGGI Kel.Tanjung Marulak,Kec.Rambutan Kota Tebing Tinggi SUMUT