Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Kombinasi Metode Bercerita, Model Demonstrasi Dengan Media Buku Cerita Bergambar.

Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Kombinasi Metode Bercerita, Model Demonstrasi Dengan Media Buku Cerita Bergambar

RadarJateng.com, Pendidikan Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak TK dengan membawakan / dengan cara bertutur kata kepada anak secara lisan. Cerita yang dibawakan harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK. Dengan bercerita juga dapat memberikan informasi atau menanamkan nilai-nilai sosial, moral dan keagamaan (Syamsidah, 2017). Model pembelajaran demonstrasi adalah model mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan sesuatu kejadian, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media  pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan (Shoimin, 2014).

Dan untuk memberikan suasana bercerita yang lebih mengasyikkan, disini menggunakan media buku cerita bergambar. Dengan media buku cerita bergambar maka anak akan tertarik untuk mendengarkan cerita yang di sampaikan dan anak pun bisa lebih jelas serta paham terhadap cerita tersebut. Adapun langkah sebelum melakukan metode pembelajaran bercerita, berikut langkah – langkah metode bercerita yang perlu diperhatikan menurut (Syamsidah, 2017):

  1. Mengkomunasikan tema dan tujuan.
  2. Mengatur tempat
  3. Sebagai pembuka guru menggali pengalaman-pengalaman anak dalam kegiatan yang berkaitan dengan peristiwa
  4. Pengembangan cerita yang dituturkan guru.
  5. Menetapkan cara bertutur agar dapat menggetarkan perasaan anak dengan cara memberikan gambaran anak-anak yang bernasib baik dan buruk. Misal cerita “banjir”.
  6. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan isi
Mengembangkan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Kombinasi Metode Bercerita, Model Demonstrasi Dengan Media Buku Cerita Bergambar

Selain menggunakan metode bercerita, guru menggunakan kombinasi model demonstrasi. Berikut langkah – langkah model demonstrasi menurut (Shoimin, 2014) :

Read More
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
  2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan
  3. Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan.
  4. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai scenario yang telah
  5. Seluruh siswa memerhatikan demonstrasi dan
  6. Tiap siswa mengemukakan hasil analisis dan mendemonstrasikan pengalaman.
  7. Guru dan siswa membuat suatu
  8. Penutup

Selain menggunakan metode bercerita dan model demonstrasi guru juga menggunakan media buku cerita bergambar untuk menambahkan suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan penjelasan dari model, metode serta permainan yang  gunakan, dibawah ini adalah langkah-langkah kombinasi metode bercerita, model demonstrasi dengan media buku cerita bergambar yaitu sebagai berikut:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
  2. Sebagai pembuka guru menggali pengalaman – pengalaman anak dalam kegiatan yang berkaitan dengan peristiwa cerita
  3. Guru menyampaikan cerita menggunakan media buku cerita bergambar dan anak mendengarkan
  4. Guru menunjuk salah seorang anak untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
  5. Anak melakukan pengembangan cerita yang dituturkan guru

Penulis : Rifka Annisa Ariani, S.Pd, TK KARTIKA PRADANA Malang – Jatim.

Related posts