Menggunakan Loose Parts Batu Warna- Warni Untuk Mengenal Lambang Bilangan.

Menggunakan loose part Batu Warna- Warni Untuk Mengenal Lambang Bilangan

RadarJateng.com, Pendidikan Pembelajaran anak usia dini dalam era yang modern seperti ini pembelajaran anak TK harus dibuat semenarik mungkin , salah satunya adalah belajar mengenal angka sambil bermain menggunakan media loosepart batu kerikil warna warni untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan angka pada anak TK. Sebab, dalam kegiatan berhitung permulaan bagi anak TK harus menggunakan benda nyata dan harus dikemas dalam bentuk bermain, salah satunya dengan media bermain media loosepart batu warna warni. Loose Parts adalah bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Loose Parts menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktifitas pembelajaran dan mengundang kreativitas peserta didik.

Media loose parts ini memiliki 7 macam yaitu bahan alam, plastic, logam, kayu dan bamboo, benang dan kain, kaca dan keramik, serta bekas kemasan. Dapat dikatakan bahwa media loose part dapat dicari dilingkungan sekitar. Maka dari itu, media ini sangat ramah lingkungan, tidak mengeluarkan banyak biaya, namun memiliki banyak manfaat didalamnya. Menggunakan media ini juga membutuhkan proses penyaringan bahan mulai dari baik atau tidak untuk anak usia dini sampai bahan yang tidak membahayakan anak usia dini.

Loose part ini merupakan media atau perantara dalam proses pembelajaran, dan sangat memungkinkan digunakan dalam berbagai metode, baik itu eksplorasi berbagai media, metode proyek untuk menciptakan sesuatu, demonstrasi untuk guru untuk menjelaskan jenis-jenis loose part dan membuat suatu karya, serta metode lainnya, keistimewaan media ini adalah menggunakan berbagai bentuk media , berbagai komponen benda, berbagai cara untuk digunakan, berbagai warna menarik dalam 1 kegiatan  proses pembelajaran, pembelajaran ini dapat menjadi strategi pembelajaran untuk anak dalam mengembangkan dan mengasah berbagai keterampilan dibandingkan menggunakan mainan buatan atau mainan yang sudah jadi karena media loose part lebih menggunakan bahan yang tersedia dilingkungan sekitar. Hal ini dapat meningkatkan kreatifitas, imajinatif, kooperatif, aktif, kritis, inovatif, sebagaimana prinsip yang diterapkan pada media loose part

Read More
Loose Parts Batu Warna- Warni

Namun pembelajaran loose part ini mempunyai kekurangan yaitu media ini memerlukan perhatiian khusus guru yang menggunakan media ini harus memperhatikan sikap anak menghadapi benda-benda loose part. Contohnya seperti tongkat kayu dalam pandangan orang dewasa tongkat bisa digunakan untuk alat mengambil sesuatu barang yang jauh dari jangkauan akan tetapi dalam pandangan anak tongkat bisa dipakai untuk memukul temannya.

Langkah- langkah pembuatan kloose part dari bahan batu kerikil

  1. Siapkan batu kerikil yang akan digunakan
  2. Cuci batu kerikil hingga bersih
  3. Keringkan batu kerikil
  4. Campur batu kerikil dengan cat minyak sesuai warna yang di inginkan
  5. Keringkan batu kerikil yang sudah di beri warna
  6. Setelah kering batu warna warni siap digunakan

Amak- anak TKN 1 Buntok sangat antusias dalam kegiatan bermain dengan losee part batu warna warni, sebab merupakan hal baru dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 menggunakan loose part. Selain meningkatkan pengenalan lambang bilangan media ini juga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak. Terimakasih

Semoga informasi bermanfaat bagi kita semua.

Penulis Lutfia Rahmawati, S. Pd, TK Negeri 1 Buntok Kab Barito Selatan Kalimantan Tengah

Related posts