Mengenal Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Roda Putar.

Mengenal Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Roda Putar

RadarJateng.com, Pendidikan Taman kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri anak, sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak usia 4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitive untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespons stimulas yang diberikan lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep diri, seni, moral dan nilai agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai optimal.

Disekitar lingkungan kehidupan anak berbagai bentuk angka atau bilangan seringkali ditemui dimana-mana misalnya pada jam dinding, mata uang, kalender, bahkan pada kue ulang tahun. Oleh karena itu dapat dikatakan angka telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari pada saat inilah permainan Roda Putar seharusnya mulai diperkenalkan pada anak. Tahap perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun (anak TK) pada kelompok B berada pada tahap praoperasional, dan untuk mengembangkan aspek kognitif di TK pada anak kelompok B dalam pembelajaran dapat melalui bermain dan belajar. Salah satunya bermain Roda Putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-12.

Alat peraga edukasi berupa Roda Putar adalah salah satu media yang bisa kita gunakan untuk mengajari anak TK cara berhitung yang tepat. Selain memiliki bentuk yang menarik, Roda Putar juga memiliki konsep mudah untuk dipahami anak. Roda Putar merupakan media atau permainan yang terbuat dari kardus dan kertas karton yang dibuat berbentuk lingkaran dan dibentuk menjadi roda putar.

Read More

Langkah membuat Roda Putar adalah :

  • Siapkan kardus dan kertaas karton
  • Siapkan gunting dan dabletipe
  • Membuat pola bentuk lingkaran pada kertas karton
  • Tempel pola lingkaran pada kardus menggunakan dable tipe lalu potong
  • Bagi lingkaran menjadi 12 bagian dengan memberi garis
  • Beri angka pada bagian- bagian tersebut
  • Bagian tengah lingkaran dikasih lubang kecil

Cara bermain Roda Putar :

  • Anak-anak diajak duduk bersama membentuk lingkaran
  • Guru mengenalkan Roda Putar kepada anak
  • Guru menjelaskan cara bermain roda putar dan mengajak anak bermain bersama

Anak-anak TK Mardi Siwi sangat antusias dalam kegiatan bermain roda putar, karenamerupakan hal baru dalam pembelajaran dalam berhitung dan pengenalan angka. Selain pengenalan angka pada anak yang dapat ditingkatkan, menunjukan sikap moral dan sosial anak berkembang yaitu sikap menunggu giliran saat bermain, mematuhi aturan bermain.

Penulis : SADYUCE SUTANTI, S.Pd, TK Mardi Siwi, Desa Mlangi Kecamatan Widang Kabupaten Tuban

Related posts