Cara Muda Mengenalkan Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Dengan Media Bowling Angka Bentuk Jagung.

Cara Muda Mengenalkan Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Dengan Media Bowling Bentuk Jagung di TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEC. BENJENG, Kab. Gresik, Jatim

RadarJateng.com, Pendidikan Pada masa perkembangan yang pesat ini guru atau orang tua harus memanfaatkan pemberian pengetahuan yang sederhana dan mudah diterima anak dan bermanfaat pada kelangsungan kehidupan mereka selanjutnya namun juga harus menyesuaikan dengan tahapan perkembangan. Salah satu pengetahuan yang sangat penting diberikan pada anak usia dini adalah pengenalan matematika yaitu kemampuan mengenal bilangan. Studi yang dilakukan oleh Ramscar, Dye, dan Popick (2011: 1) menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan berhitung orang dewasa dipengaruhi rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan pada masa kanak-kanak. Mereka menjelaskan lebih lanjut bahwa cara penyampaian pembelajaran yang salah menjadi faktor utama anak-anak kesulitan memahami konsep matematika.

Cara penyampaian yang kurang menarik dan monoton akan membuat anak cepat bosan dan malas untuk belajar bilangan. Akibatnya anak mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya, bahkan anak akan kesulitan berhitung dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Work (2002) dan Sami (2005) menunjukkan bahwa fokus dari penanaman pengalaman dan konsep dalam kemampuan matematika anak menggunakan permainan yang edukatif dan proses bermain yang menyenangkan dapat menimbulkan interaksi antara anak dengan lingkungan mereka untuk menggali konsep-konsep matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehariharinya. Salah satu permainan yang diterapkan untuk menanamkan kemampuan mengenal bilangan adalah permainan bowling.

Anakanak TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEC. BENJENG, Kab. Gresik, Jatim, sangat antusias menggunakan media Bowling Bentuk Jagung

Bermain adalah kegiatan yang dilakukan secara spontan, tanpa paksaan, menyenangkan dan tanpa memikirkan hasil akhir serta merupakan kebutuhan bagi anak karena sebagian besar waktu mereka dihabiskan untuk bermain selain itu melalui bermainlah anak belajar berbagai hal dalam kehidupannya. Bermain memiliki arti yang penting bagi anak, seperti yang dijelaskan oleh Musfiroh (2005: 3) bahwa bermain membantu anak memahami konsep dan pengetahuan yang ada dalam lingkungannya. Salah satu permainan yang dapat diterapkan adalah permainan bowling. Permainan Bowling merupakan salah satu olahraga dengan partisipan banyak. Tidak mengenal batasan umur, siapa saja bisa menikmati, anak-anak, remaja, dewasa bahkan para lanjut usia. Bowling merupakan olahraga yang digemari di hampir setiap negara di dunia. Dari perkembanganya permainan ini dapat dimainkan sesuai dengan kebutuhan dan menggunakan peralatan yang dapat dibuat sendiri dengan sederhana.

Read More

Permainan bowling dapat divariasikan sesuai dengan tujuan pengenalan bilangan yang ingin dicapai. Untuk mengenalkan dan menanamkan kepada anak urutan bilangan secara benar. Anak diminta untuk melempar bola mengarah pada biji bowling agar berjatuhan. Kemudian anak diminta mengambil bilangan yang sama dengan bilangan yang ditempel pada biji bowling yang telah jatuh secara urut. Untuk mengenalkan lambang bilangan dengan nama bilangan menggunakan huruf. Pada biji bowling ditempeli nama bilangan menggunakan huruf misalnya “satu”, “dua”, “tiga”, dan seterusnya kemudian anak diminta mengambil lambang bilangannya sesuai dengan nama pada biji bowling yang dijatuhkan anak secara berurutan. Untuk mengenalkan lambang bilangan dengan jumlah benda yang diwakili. Pada biji bowling ditempeli bilangan 1-10, kemudian anak melempar bola untuk menjatuhkan biji bowling. Lalu anak mengambil benda yang telah disediakan guru sesuai dengan bilangan pada biji bowling yang dijatuhkan secara berurutan.

Adapun media yang telah di gunakan adalah BOWLING ANGKA. Media BOWLING ANGKA ini dibuat oleh salah satu guru di TK DWP, kecamatan Benjeng, kabupaten Gresik jawa timur yang Bernama ibu Qurrotun A’yuni, S.Pd . Media bowling yang saya rancang merupakan media yang saya gunakan saat pembelajaran tema tanaman, sub tema tanaman pangan dan sub-sub tema jagung yang bertujuan untuk mengenalkan lambang bilangan 1 – 10, anak dapat belajar untuk mengkoordiinasikan mata dan tangannya, melatih kekuatan motoric kasar dan Anak usia dini juga dapat belajar menghitung berapa biji bowling yang jatuh. Selanjutnya dari permainan ini anak akan belajar banyak sekitar pengenalan angka, selain itu ketika anak diminta untuk menyusun kembali biji bowling secara berurutan maka anak telah belajar tentang urutan dan susunan angka-angka.

Media Bowling Bentuk Jagung di TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEC. BENJENG, Kab. Gresik, Jatim

CARA MEMBUAT BOWLING ANGKA

  1. siapakan alat dan bahan(botol,plastik buble waerp,kertas origami,,gunting,cat warna,lem tembak,crayon,)
  2. Potong plastik bublle warp berukuran 20X30 cm
  3. Sampuli botol dengan plastik bublle warp pastikan untuk bublle wark yang kasar yang ditempel didepan
  4. botol yang sudah di sampuli dengan bublle warp diwarnai dengan cat air warna kuning menggunakan kuas
  5. buat pola daun dari kertas origami seperti daun jagung
  6. buat angka 1-10 dengan kertas dan diwarnai dengan crayon
  7. setelah bentuk bowling kering tempelkan bentuk daun jagung dan angka pada biji jagung
  8. bowling angka siap digunakan

CARA PENGGUNAAN

  1. guru menjelaskan bagaimana cara menggunakan bowling angka pada anak yaitu guru mengelindikan bola pada bowling angka.angka berapa yang jatuh Bu guru menyebutkan angka yang jatuh
  2. anak melakukan seperti yang guru contohkan
  3. pertama anak mengelindingkan bola dan menyebutkan angka berapa yang jatuh.4.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.

Penulis : QURROTUN A’YUNI, S.Pd, TK DHARMA WANITA PERSATUAN KECAMATAN BENJENG, Kec Benjeng, Kab Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Related posts