Upaya Peningkatan Gizi Anak Usia Dini Melalui Makanan Lokal Khas Madura Di TK Dharma Wanita Persatuan Arosbaya, Madura.

TK DHARMA WANITA PERSATUAN AROSBAYA, Bangkalan - Madura

RadarJateng.com, Pendidikan Untuk menghindarkan anak dari jajanan yang kurang sehat seperti makanan yang mengandung bahan pengawet di era digital ini sangatlah penting,Karena anak usia dini merupakan aset masa depan keluarga khususnya dan aset masa depan Negara Umumnya. Kita perlu mempersiapkan anak dari usia dini untuk sehat secara keseluruhan, baik secara fisik maupun secara mental (psikis).

Dalam artikel ini saya sebagai penulis akan mengulas tentang  Upaya Peningkatan Gizi Anak Usia Dini Melalui Makanan Lokal Khas Madura di TK Dharma Wanita Persatuan Arosbaya. Makanan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap manusia di bumi ini. Makanan yang dikonsumsi oleh anak berperan besar terhadap kehidupan masa depannya. Kecukupan gizi yang masuk ke tubuh anak berpengaruh pada kesehatan dan kecerdasan anak.

Guru dan anak didik sedang menikmati makanan lokal

Setiap tanggal 24 Pemerintah Kabupaten Bangkalan memberi kebijakan agar di lembaga pendidikan jenjang PAUD  mengenalkan makanan lokal khas madura yang padat gizi. Kegiatan ini bertujan untuk meningkatkan gizi anak usia dini dan melestarikan makanan lokal yang ada di madura. Karena makan  lokal yang padat gizi tersebut sudah mulai menurun peminatnya disebabkan maraknya makanan siap saji yang rasanya enak namun rendah gizi.

Read More
Anak didik saling berbagi makanan lokal khas madura kepada teman-temannya

Dalam kegiatan tersebut anak diajak untuk mengenal bahan-bahan dasar dari macam- macam makanan lokal khas madura, kemdian dikenalkan macam-macam hasil olahan dari makanan lokal tersebut. Setelah itu guru bersama-sama dengan murid menikmati makanan lokal  disekolah. Guru juga mengajarkan anak untuk berbagi kepada teman temannya untuk saling merasakan makanan lokal yang mereka sukai.

Dampak positif dari kegiatan ini banyak sekali yang kami rasakan diantaranya; anak mengenal makan lokal yang padat gizi sehingga mengurangi keinginan mereka untuk jajan yang tidak sehat, anak juga memperoleh pengetahuan hasil alam yang bisa di olah menjadi makanan lokal yang enak , nikmat dan padat gizi, selain itu  anak juga terlatih untuk memiliki sikap berbagi kepada sesama.

Penulis : Fatin Hamamah,S.Pd, TK DHARMA WANITA PERSATUAN AROSBAYA, Bangkalan – Madura

Related posts