Pengenalan Konsep Angka 1-10 Melalui Media Kantong Bilangan Di TK Nurul Jannah.

Penggunaan Kantong Bilangan di TK NURUL JANNAH, Kp.SITUPOTONG-DESA SUKAMULYA-KECAMATAN CIKEUSIK-KABUPATEN PANDEGLANG-PROVINSI-BANTEN

RadarJateng.com, Pendidikan Konsep angka adalah himpunan benda-benda atau angka yang dapat memberikan sebuah pengertian. Konsep angka ini selalu dikaitkan dengan pekerjaan menghubunghubungkan baik benda-benda maupun dengan lambang bilangan. Menurut Montessori dalam Sudono (1995: 2), dengan bermain anak akan memiliki kemampuan untuk memahami konsep dan pengertian secara alamiah tanpa terpaksa seperti konsep angka dan warna.

Pada awalnya anak memang harus dikenalkan satu persatu angka dasar yang harus dihafalnya. Guru dapat mengajarkannya dengan nyanyian, mengenalkan angka 0 sampai dengan 10 dengan menghitung jumlah jari-jarinya juga cukup membantu. Menurut Einon (2005:46) belajar menghitung adalah langkah pertama dalam mengerti apa arti angka. Saat anak-anak mulai menghitung, mereka menganggap itu sebagai irama. Mungkin mereka mengerti apa arti 1-2-3, tetapi tidak dapat membayangkan arti 6-7-8. Dapat disimpulkan bahwa pengenalan konsep angka adalah pengenalan menghitung 1 sampai 2 secara konkrit konsep matematika dasar dan keterampilan matematika dasar, serta memperjelas konsep-konsep angka dari fakta-fakta yang telah dipahami anak secara terus menerus.

Menurut Damri (2013:236) media adalah alat yang menyampaikan atau menggambarkan suatu pesan pengajaran. Salah satu jenis media adalah media tiga dimensi dalam bentuk media buatan, salah satu media buatan adalah kantong bilangan yang akan diperkenalkan untuk menentukan nilai tempat bilangan. Kantong bilangan tersebut berfungsi sebagai penentu nilai suatu bilangan, yaitu satuan, dan puluhan Yang di buat di TK Nurul Jannah.

Read More
Media Kantong Bilangan

Media kantong bilangan terbuat dari papan asturo dan karton,deskripsi media dan langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Nama media : Kantong Bilangan
  2. Jenis media : inovasi media
  3. Deskripsi media : media ini adalah media alat peraga edukatif yang dapat mengembangkan aspek Kognitif anak dalam mengenal angka 1-10.
  4. Aspek yang di kembangkan
  5. Aspek utama : Kognitif
  6. Aspek pendukung : Motorik halus
  7. Tujuan pembuatan media : sebagai pengembangan kognitif anak dalam mengenal angka dan pengembangan motorik halus.
  8. Alat dan Bahan

Keterangan Alat : Gunting, Lem, Spidol

Keterangan Bahan : Papan asturo, karton, stik es cream

Cara membuat Kantong Bilangan

  1. Sediakan bahan-bahan
  2. Gunting karton persegi empat
  3. Lipat sisi karton yang tadi dapat menggunting
  4. Lem karton
  5. Tempel di papan asturo
  6. Beri nomor angka pada kantong bilangan
  7. Kemudian siapkan stik escream buat memasukankn dan membilangnya
  8. Masukan stik escream sesuai angka yang ada pada kantong bilangan
Anakanak antusias menggunakan media kantong bilangan

Cara menggunakan media Kantong Bilangan :

Guru memperlihatkan APE kepada anak, kemudian guru memanggil anak maju kedepan untuk menyebutkan angka yang ada pada kantong bilangan,guru meminta anak mengambil stikescream sesuai angka yang ada pada kantong bilangan tersebut,anak memasukan stik escream yang anak ambil sesuai angka yang tertera pada kantong bilangan.

Tujuan dari media kantong bilangan yang di buat sederhana ini dapan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan angka 1-10 di TK Nurul Jannah.

Related posts