Mengenalkan Hari Guru Pada Anak Usia Dini.

SELAMAT HARI GURU UNTUK SEMUA PARA GURU YANG ADA DI INDONESIA Dari TK NEGERI PEMBINA CALANG DESA BAHAGIA KECAMATAN KRUEENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA

RadarJateng.com, Pendidikan Tanggal 25 November  adalah hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia. Momen ini sangat penting bagi kita untuk menghormati jasa para guru yang telah mendidik kita dengan tulus dan mengantarkan kita untuk meraih cita-cita. Mengenalkan hari guru pada Anak  Usia Dini juga sangat penting sehingga anak lebih mengenal sosok seorang guru bagi dirinya.

Anak Usia Dini belajar untuk memperoleh pendidikan tentang Nilai Agam moral,sosial emosional,fisik motorik,kognitif dan seni yang akan menjadi kebutuhannya di masa depan. Jika dilakukan dengan benar maka Anak Usia Dini dapat mengembangkan kecintaannya dalam belajar dengan kegiatan bermain yang menyenangkan.Sehingga tumbuh rasa sayang dan cintanya kepada guru yang selama ini bermain bersama mereka.

Setiap proses kegiatan bermain anak juga mendapatkan manfaat pendidikan yang berguna seperti :

Read More
  1. Sosialisasi

Saat terpisah dari orang tua, anak-anak bertemu dengan guru dan  teman sebaya, mereka akan berinteraksi dan menjalin persahabatan.

Ini membantu mengembangkan kepercayaan diri pada anak-anak dengan berani berinteraksi dengan orang lain tanpa bantuan

2.Kerjasama

Selama fase ini, anak belajar untuk berbagi, bekerja sama, dan bergiliran. Ini semua adalah bagian dari kehidupan sosial yang penting.

Selain itu, anak akan merasa aman belajar dengan bimbingan para guru yang menyediakan ruang bagi mereka.

3.Kesabaran

Kesabaran bagaikan ujian, dan anak harus dilatih untuk menangani situasi seperti itu di masa depan.

Pengalaman seperti berbagi perhatian guru, menunggu giliran, atau belajar berbagi akan membantu anak mengembangkan kesabaran.

Pendidikan  pada anak usia dini merupakan  salah satu pondasi yang sangat penting untuk ditanamkan pada diri anak. Lembaga sekolah terutama guru memiliki peran penting dalam mengenalkan nilai-nilai karakter yang ditanaman kepada anak  sejak dini salah satunya adalah nilai toleransi yang bertujuan agar anak memiliki rasa menghargai keberagaman.

Menurut (Hamja B. Uno & Nina, 2016, p.1). Guru merupakan komponen terpenting ketika mengadakan kegiatan proses belajar

mengajar di sekolah guru merupakan sosok yang dapat ditiru,dan diteladani baik dari segi pengetahuan maupun kepribadiannya.

Artikel ini saya tuliskan setelah saya mengajak anak anak bermain dalam  3 kegiatan untuk persiapan  menyambut hari guru tanggal 25 november 2021 di TK Negeri Pembina Calang di antara kegiatan bermain yang di lakukan adalah :

Selain dari mengenal huruf anak anak juga dapat menyusun kata dan mengulang kalimat yang disusunnya pada gambar.

1.Kegiatan bermain menyusun kartu huruf.

Dalam kegiatan menyusun kartu huruf ini anak anak bermain menyusun huruf menjadi kata

“Selamat Hari Guru “

  1. Kegiatan bermain membuat bunga dengan menggunakan tissue

Dalam kegiatan ini anak anak membuat bunga dari tissue untuk di berikan kepada guru dan orang tua anak yang berprofesi sebagai seorang guru saat penjemputan.

Anak dapat melatih fisik motorik halusnya dalam menbuat bunga dan menciptakan hasil karya sehingga dapat menunjukkan hasil karyanya

3 kegiatan bermain meniup balon

Dalam kegiatan ini anak anak sangat senang karena anak anak suka dengan balon dan kegiatan bermain yang anak sukai adalah hal yang menyenangkan bagi anak

Dalam kegiatan meniup balon anak dapat mengatur emosionalnya sehingga anak mampu bersabar dalam melakukan kegiatan

Pentingnya pendidikan anak usia dini karena dapat mempengaruhi perkembangan mental, emosional, dan fisik anak.

Meski tampaknya anak-anak hanya bermain di kelas, sebenarnya itulah proses belajar anak PAUD guna meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

Semoga  dapat bermanfaat

Penulis : Z.I AZIZAH BUNNIRAW, S. Pd. TK NEGERI PEMBINA CALANG, DESA BAHAGIA KECAMATAN KRUEENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA

Related posts