Belajar Mengenal Angka Dengan Menggunakan Stik Es Krim.

Belajar Mengenal Angka Dengan Menggunakan Stik Es Krim, di TKN PKK MELATI PUTIH, Kampong Makmur Jaya, Kec.Simpang Kiri Kota Subulussalam, ACEH

RadarJateng.com, Pendidikan Anak Usia Dini adalah sosok individu yang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada usia ini proses pertumbuhan dan perkembangan sedang mengalami fase yang cepat dalam rentang perkembangan hidup manusia. Proses pembelajaran sebagai bentuk perlakuan yang diberikan pada anak harus memperhatikan karakteristik yang dimiliki setiap tahap perkembangan anak.

Pendidikan pada Anak Usia Dini pada dasarnya meliputi seluruh upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam proses perawatan, pengasuhan dan pendidikan pada anak & menciptakan aura dan lingkungan dimana anak dapat bereksplorasi pengalaman yang memberikan kesempatan padanya untuk mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperolehnya dari lingkungan, melalui cara mengamati, meniru dan bereksperimen yang berlangsung secara berulang-ulang dan melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik TK adalah mampu mengikuti pendidikan selanjutnya dengan kesiapan yang optimal sesuai dengan tuntutan yang berkembang dalam masyarakat. Kemampuan dasar yang dikembangkan di TK meliputi kemampuan bahasa, fisik/ motorik, seni dan kemampuan kognitif. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir anak. Pada kemampuan kognitif tersebut, anak diharapkan dapat mengenal konsep sains dan matematika sederhana.

Read More

Kegiatan pembelajaran matematika pada anak diorganisir secara terpadu melalui tema-tema pembelajaran yang paling dekat dengan konteks kehidupan anak dan pengalaman-pengalaman riil. Guru dapat menggunakan media permainan dalam pembelajaran yang memungkinkan anak bekerja dan belajar secara individual, kelompok dan klasikal. Penggunaan media pada kegiatan dalam pembelajaran matematika anak usia dini, khususnya dalam pengenalan konsep bilangan bertujuan mengembangkan pemahaman anak terhadap bilangan dan operasi bilangan dengan benda-benda kongkrit sebagai pondasi yang kokoh pada anak untuk mengembangkan kemampuan matematika pada tahap selanjutnya.

Media merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sekaligus dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat anak sehingga terjadi proses belajar. Istilah media dalam bidang pembelajaran ialah alat bantu/ media tidak hanya memperlancar proses komunikasi akan tetapi dapat merangsang anak untuk merespon dengan baik sebagai pesan yang disampaikan.

Stik es krim adalah salah satu alat peraga yang digunakan guru dalam mengenalkan angka kepada anak. Selain mudah diingat, dengan menggunakan stik es krim juga akan memotivasi anak untuk lebih semangat lagi dalam belajar, karena semakin kecil anak, semakin perlu visualisasi/ kongkrit (lebih banyak alat peraga) yang dapat disentuh, dilihat, dirasakan dan didengarnya.

Selain bisa belajar mengenal angka, anak juga bisa belajar mengenal warna dengan menggunakan stik es krim yang bermacam-macam warna.

Contoh penerapan untuk anak kelompok A:

  1. Permainan angka bisa dilakukan dengan stik es krim dan kartu angka.
  2. Anak mengambil stik sesuai jumlah angkanya.
  3. Anak menghitung jumlah stik, dan mencocokkan dengan angkanya.
  4. Guru memberikan tanggapan positif, jika anak keliru bantu dia menghitungnya. Setelah itu anak menghitung kembali tanpa dibantu guru.

Penulis : SITI AMINAH, S.Pd, TKN PKK MELATI PUTIH, Kampong Makmur Jaya, Kec.Simpang Kiri Kota Subulussalam, ACEH

Related posts