Media Memancing Ikan Angka Dan Huruf Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.

Media Memancing Ikan Angka Dan Huruf Yang Digunakan di TK PLUS AL – ISHLAH, Desa Pandangan Wetan Kec.Kragan Kab.Rembang Jawa Tengah

RadarJateng.com, Pendidikan – Pengertian Perkembangan Kognitif. Perkembangan kognitif anak mengacu pada tahapan kemampuan si kecil dalam memperoleh makna dan pengetahuan, dari pengalaman dan informasi yang ia peroleh. Singkat kata, perkembangan motorik ini berkaitan dengan proses mengingat, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah.

Perkembangan kognitif anak usia dini menjadi salah satu faktor dalam perkembangan kemampuan si kecil yang berhubungan dengan pengetahuan, pemahaman dan proses psikologis si kecil terhadap lingkungan sekitar. Ketika sikecil dilahirkan, proses perkembangan tengkorak dan otak belum selesai. Artinya ukuran tengkorak dan otak hanya berkembang sebagian dan masih dalam proses berkembang.

Teori Perkembangan Kognitif Menurut Para Ahli

Read More

Secara ilmiah terdapat dua teori mengenai perkembangan kognitif anak usia dini yaitu teori konstruktivis kognitif dan teori konstruktivis sosial.

Teori konstruktivis kognitif dan teori konstruktivis sosial di kembangkan oleh dua orang ahli psikologi perkembangan kognitif yang berbeda. Teori konstruktivis kognitif di kembangkan oleh Jean Piaget. Sementara itu teori konstruktivis sosial di kembangkan oleh Lev  Vygotsky.

Kedua teori tersebut berada dalam satu minset berpikir bernama teori konstruktivis. Inti dari teori konstruktivis adalah si kecil terus menerus melakukan eksplorasi lingkungan untuk mengetahui kondisi dan situasi lingkungan di sekitarnya.

Media Memancing Ikan Angka Dan Huruf Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Cara Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini

Ada banyak aktivitas yang bisa menjadi cara mudah untuk mengembangkan kognitif anak usia dini. Salah satunya adalah dengan media bermain.  Aktivitas bermain mampu memberikan rangsangan pada anak untuk melakukan konsolidasi sejumlah pengetahuan dan kemampuan kognitif sehingga dapat berjalan efektif. Selain itu, media bermain merupakan wahana bagi anak usia dini untuk melakukan eksplorasi dan eksperimen dalam berbagai jenis konsep kehidupan.

Dalam media bermain, pengenalan merupakan sarana paling penting. Terutama pengenalan tentang angka dan huruf. Dengan mengenalkan angka dan huruf pada anak usia dini akan lebih mudah dalam memahami dan mengikuti pelajaran.

Namun ingat, pengenalan angka dan huruf jangan sampai menjadi momok atau suatu keharusan bagi anak usia dini. Namanya saja mengenalkan, bukan mengajarkan. Dengan mengenalkan angka dan huruf di harapkan anak usia dini akan lebih akrab dan mau bermain. Dan jangan sampai membuat anak menjadi takut, terpaksa, bahkan trauma untuk belajar angka dan huruf. Oleh karena itu demi dapat mengenalkan angka dan huruf pada anak usia dini harus dengan cara semenarik dan semenyenangkan mungkin.

Banyak cara untuk mengenalkan angka dan huruf, mungkin bisa dengan cara menyanyi, menulis atau bermain di rumah dll. Salah satu cara mengenalkan angka dan huruf adalah dengan  permainan yang kreatif seperti media memancing ikan kertas yang di tulisi angka dan huruf. Berikut ini media memancing ikan kertas yang sangat mudah di buat. Alat dan bahan antara lain kertas warna warni, stik kayu, gunting, benang, spidol, magnet, penjepit kertas.

Media Memancing Ikan Angka Dan Huruf Dapat Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Cara pembuatannya

  • Menggambar ikan menggunakan spidol pada kertas warna warni
  • Kemudian gunting gambar ikan tersebut
  • Tuliskan angka atau huruf pada bagian badan gambar ikan
  • Tempelkan penjepit kertas pada bagian mulut gambar ikan
  • Kemudian membuat pancing ikan dengan menggunakan stik kayu
  • Ujung stik kayu di ikat dengan benang
  • Kemudian ujung benang di ikatkan ke magnet

Cara penggunaannya

  • Guru/orang tua mengenalkan angka atau huruf yang ada pada gambar ikan
  • Guru/orang tua menyiapkan kartu angka atau huruf
  • Guru/orang tua memberi contoh cara bermainnya
  • Kemudian anak mencontoh dan bermain

Berdasarkan media bermain di atas maka dapat di tarik suatu kesimpulan bahwa mengenalkan angka dan huruf pada anak usia dini tidak hanya melalui media menulis atau menyanyi saja, tetapi dengan media bermain anak usia dini bisa mengenal dan memahami angka dan huruf serta dapat mengetahui dan meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif pada anak usia dini.

Penulis : Nur Faizah, S.Pd, TK PLUS AL – ISHLAH, Desa Pandangan Wetan Kec.Kragan Kab.Rembang Jawa Tengah

Related posts