Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Benda Berdasarkan Ukuran Dan Warna Pada Anak Usia 4 -5 Tahun.

Suasana Belajar TK Permata Bunda Pedagangan, Kec.Dukuhwaru, Kab. Tegal

RadarJateng.com, Pendidikan Perkembangan kognitif anak meliputi proses berpikir untuk mengungkapkan pendapat menggunakan bahasa yang sesuai, untuk berpikir kreatif, untuk menyeselesaikan suatu masalah. Anak akan melihat, mendengar, dan merasakan sesuatu yang ditemuinya lalu ia akan mempersepsikan suatu hal tersebut sehingga dapat dipahami dan diterima anak dengan baik. Semua yang dilihat, didengar dan dirasakan oleh anak akan selalu diingat dan dipahami dari peristiwa yang dialaminya. Peristiwa yang telah dialami anak akan dikembangkan melalui pemikirannya kemudian akan dihubungkan dari satu peristiwa ke peristiwa yang lain. Anak juga akan menalar peristiwa apa yang terjadi baik secara alamiah ataupun ilmiah. Peran kognitif anak untuk memecahkan permasalahan hidup yang dialaminya agar dirinya dapat tertolong serta untuk memahami beragam simbol di lingkungan sekitarnya.

Definisi Papan Flanel adalah papan yang tertempel kain flanel untuk menempelkan sesuatu diatasnya (Anitah, 2009). Papan tersebut dilapisi kain flanel pada setiap permukaannya agar mudah ditempeli benda diatas permukaannya. Papan Flanel adalah suatu papan yang dilapisi kain flanel atau kain yang berbulu dimana terdapat potongan gambar-gambar atau symbol simbol lain. Maksud dari ahli yaitu papan yang terlapisi kain berbulu lalu dipermukaan papan terdapat potongan gambar. Salah satunya dengan benda kongkret yang dapat dilihat dan dipegang anak yaitu media papan flanel dengan objek yang digunakan boneka dari kain flanel yang berbeda ukuran sehingga jika diurutkan akan memunculkan sebuah urutan. Sesuai dengan pendapat ahli, Sujiono (2009) menerangkan bahwa anak lebih mampu mengingat yang membekas dengan benda yang dapat dilihat serta dipegang,  karena mudah diterima oleh otak anak dalam sensasi dan memori (long term memory).

TK Permata Bunda Pedagangan, Kec.Dukuhwaru,
Kab. Tegal

Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dilepas dengan mudah dan dapat dipake berkali-kali. Papan flannel termasuk salah satu media pembelajaran dua dimensi, yang dibuat dari kain falnel yang ditempelkan pada sebuah triplek atau papan.. Kemampuan seriasi atau Mengurutkan adalah kemampuan memahami “lebih dari” atau “kurang dari”dan kemampuan mengatur benda-benda secara sistematis dalam urutan atau rangkaian berdasarkan aturan atau urutan tertentu (Beaty, 2013). Ahli lain mengatakan pengurutan (seriation) adalah penyusunan unsur-unsur menurut bertambahnya atau berkurangnya ukuran (Piaget& Barbel, 2010). Kesimpulan pengertian seriasi dari beberapa pendapat ahli antara lain, kemampuan seriasi merupakan kemampuan dalam mengurutkan atau menempatkan dua objek atau lebih sesuai aturan yang ditentukan. Manfaat dari Papan Flanel itu sendiri antara lain :

Read More
  • Memudahkan anak memahami tugas dalam mengurutkan benda.
  • Menstimulasi anak dalam memahami benda dengan ukuran besar ke kecil
  • Menstimulasi anak dalam memahami warna ( merah, kuning , hijau )
  • Menarik perhatian anak bentuk Ikan yang ditempel warna warni pada papan flannel
Media Papan Flanel Mengurutkan Benda
Berdasarkan Ukuran Dan Warna

Cara Pembuatan Papan Flanel dan bentuk Ikan

  • Menyiapkan semua Bahan dan alat
  • Melapisi gabus persegi dengan kain flane
  • Membuat Pola Ikan dengan 5 Ukuran
  • Menjiplak pola di kain flannel
  • Menggunting kain flannel sesuai pola gambar ikan
  • Menjahit 2 lembar kain flannel sesuai pola gambar ikan
  • Mengisi bentuk jahitan dengan kapas / dakron
  • Memberi mata pada bentuk ikan

Langkah-langkah penggunaan Papan Flanel ,  antara lain:

  • Kegiatan seriasi yang dilakukan yaitu mengurutkan lima benda (objek dalam media papan flanel) sesuai ukuran dari yang terbesar ke yang terkecil atau sebaliknya,
  • Mengurutkan lima benda (objek dalam media papan flanel) sesuai ukuran dari yang terpanjang ke yang terpendek atau sebaliknya,
  • Mengurutkan 5 benda (objek dalam media papan flannel) sesuai 1 warna

Berdasarkan penjelasan yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan benda anak.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan dapat menginspirasi .

Penulis : Diyah Evi Nirmala, S.Pd ,  Guru TK Permata Bunda Pedagangan,  Kec.Dukuhwaru,  Kab. Tegal

Related posts