Pemanfaatan Media Looseparts Untuk Perkembangan Anak Usia Dini.

Guru & Murid TK NURUL JANNAH Ds Sukamulyana, Kec. Cikeusik Kab. Pandeglang - Banten Sedang Menggunakan Media Looseparts

RadarJateng.com, Pendidikan Loose Parts adalah bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Loose Parts menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktifitas pembelajaran dan mengundang kreativitas peserta didik. Loose part merupakan media bahan ajar yang kegunaannya dalam pembelajaran peserta didik tidak pernah ada habisnya Juga bahan ajar loose part dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi berbagai aspek: Pemecahan masalah, Kreativitas, Konsentrasi , Motorik halus, Motoric kasar, Sains (Sience), Pengembangan bahasa (Literasi), Seni (Art), Logika berpikir Matematika (Math), Teknik (Engineering), Teknologi (Technology).

TK NURUL JANNAH Ds Sukamulyana, Kec. Cikeusik Kab. Pandeglang – Banten

Anak anak akan menjadi kreatif dengan adanya prinsip penggunaan bahan ajar loose parts, mereka bebas berkreasi membongkar pasang bahan ajar sesuai dengan imajinasi peserta didik akan belajar menghargai bahan-bahan atau benda-benda di sekeliling mereka, seperti bahan loose parts alam. Anak-anak juga akan dapat ikut memelihara lingkungan ketika mereka memahamai bahwa barang-barang bekas dapat didaur ulang dan dijadikan sebagai bahan untuk bermain dan berkativitas merakitnya menjadi barang yang berguna.

media atau material atau bahan dan alat yang digunakan untuk memfasilitasi rasa ingin tahu anak disebut dengan loose part. Media loose part ini memiliki 7 macam yaitu bahan alam, plastik, logam, kayu & bambu, benang & kain, kaca & kerami, serta  bekas kemasan. Dapat dikatakan bahwa media loose part dapat dicari dilingkungan sekitar. Maka dari itu, media ini sangat ramah lingkungan, tidak mengeluarkan banyak biaya, namun memiliki banyak manfaat didalamnya. Menggunakan media ini juga membutuhkan proses penyaringan bahan mulai dari baik atau tidak untuk anak usia dini sampai bahan yang tidak membahayakan anak usia dini.

Read More
TK NURUL JANNAH Ds Sukamulyana, Kec. Cikeusik Kab. Pandeglang – Banten

Loose part ini merupakan media atau perantara dalam proses pembelajaran, dan sangat memungkinkan digunakan dalam berbagai metode, baik itu ekplorasi berbagai media, metode proyek untuk menciptakan sesuatu, demonstrasi dari guru untuk menjelaskan jenis-jenis loose parts dan membuat suatu karya, serta metode lainnya. keistimewaan media ini adalah menggunakan  berbagai bentuk media, berbagai komponen benda, berbagai cara untuk digunakan, berbagai warna menarik dalam 1 kegiatan proses pembelajaran. Pembelajaran ini dapat menjadi strategi pembelajaran untuk anak dalam mengembangkan dan mengasah berbagai keterampilan dibandingkan menggunakan mainan buatan atau mainan yang sudah jadi karena media loose part lebih menggunakan bahan yang tersedia di lingkungan sekitar. Hal ini dapat meningkatkan Kreatif, Imajinatif, Kooperatif, Aktif, Kritis, Inovatif, sebagaimana prinsip yang diterapkan pada media loose part.

Penulis : Sulasih, S.Pd, TK NURUL JANNAH Ds Sukamulyana, Kec. Cikeusik Kab. Pandeglang – Banten

Related posts