Meningkatkan Motorik Halus Anak dengan Kegiatan Menggunting dan Menempel .

TK Alam SMART Centre Boyolali - Sidomulyo Pulisen Boyolali

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini merupakan peletak dasar pertam dan utama dalam pengembangan pribadi anak; baik berkaitan dengan karakter, kemapuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, spiritual, disiplin diri, maupun kemandirian (Prof. Dr. H.E.Mulyasa, M.Pd.2012.Manajemen PAUD. Bandung:PT.Remaja Rodaskarya).

Pertumbuhan fisik anak diharapkan dapat terjadi secara optimal karena secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-harinya.

Perlengkapan Menggunting

Usia anak pada usia TK (Prasekolah)adalah usia yang tepat untuk membangun keterampilan dasar, baik mental dan fisik anak. Keteampilan dasar ini sangat penting sebagai pondasi perkembangan anak. Salah satu keterampilan dasar yang perlu dibangun pada usia dini adalah keterampilan motorik halusnya. Agar perkembangan fisik motorik anak berkembangan dengan baik maka dibutuhkan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangannya.

Read More

Keterampilan/gerakan motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian  tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan (Bambang Sujiono, dkk.2012.Metode Pengembangan Fisik. Banten:Universitas Terbuka).

anak sedang menggunting Gambar

Salah satu kegiatan untuk mengembangkan motorik halus anak adalah dengan melalui kegiatan menggunting dan menempel karena Aktivitas menggunting dan mempel kertas bias membuat anak-anak sibuk. Aktivitas seru yang bias membuat mereka diam dan fokus. Aktivitas menggunting dan mempel tidak saja melibatkan kecermatan mata dan koordinasi mata. Otak pun berperan penting melakukan perintah ini. Konektivitas antara otak dan tangan dihubungkan dengan jaringan syaraf. Istilahnya mengembangkan “MOTORIK HALUS” pada anak usia prasekolah.

Manfaat Menggunting dan Menempel adalah melatih anak untuk bersabar dan lebih fokus. Dilihat dari sisi pengembangan fisik, keterampilan ini bermanfaat penting untuk perkeambangan motorik halus. Aktivitas menggunting dan menempel juga bertujuan melatih kemampuan motorik, koordinasi tangan dan mata, serta konsentrasi bagi anak.

Penulis : Herning rahayu, S.Pd TK Alam SMART Centre Boyolali – Sidomulyo Pulisen Boyolali

Related posts