Mengembangkan Kecerdasan Naturalistik Melalui Kunjungan Ke Kebun Hidrovonik.

Kunjungan Kebun Hidrovonik Oleh TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dabo Singkep, Kec. Singkep, Kab. Lingga Prov. Kepri

RadarJateng.com, Pendidikan Menurut Gardner sebagaimana dikutip oleh Sujiono, mengemukakan bahwa kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah, menciptakan produk yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya masyarakat. Sedangkan menurut Aqila Smart yang menyatakan bahwa:

“Kecerdasan naturalistik adalah kecerdasan untuk mengenal bentuk-bentuk alam, misalkan bunga, burung, pohon, hewan dan lainnya. Profesi seperti ahli biologi, penjaga hutan, dokter hewan dan holikulturalis mempunyai kecerdasan ini”.

Fungsi kecerdasan naturalistik akan nampak mencolok ketika kita mengamati tanaman, hewan, serangga dan benda alam yang ada disekitar kita. dengan mengenali tabiat atau hukuman dilingkungan sekitar, kita dapat mengembangkan hukum sebab-akibat yang berlaku dilingkungan tersebut. Di samping itu dengan kecerdasan naturalistik yang baik, kita dapat mengamati pola perubahan alam, seperti cuaca, gejala gempa, gunung berapi, dan perubahan-perubahan lainnya.

Read More
Kegiatan di Kebun Hidrovonik

Proses pendidikan bagi anak usia dini tidak terlepas dari peranan besar dari orang tua. Di mana diketahui bahwa sebagian kecil dari orang tua tidak mempedulikan dan mengabaikan anaknya untuk memperoleh pendidikan prasekolah. Mereka menganggap bahwa pendidikan prasekolah tidak begitu penting dan tidak menjamin kesuksesan seorang anak. Mereka berpikir kalau anaknya tidak mengikuti pendidikan prasekolah nanti anaknya sudah bisa menghasilkan uang sendiri di mana itulah jalan anaknya menuju kesuksesan.

Kunjungan ke Taman Hidrovonik merupakan salah satu program  puncak Tema “Tanaman” yang dilaksanakan setiap tahun yang bertujuan mengenal jenis-jenis tanaman, mengamati berbagai jenis-jenis tanaman secara langsung, mengenal cara menanam, serta mengenal cara memelihara tanaman.

Kebun Hidrovonik

Dalam kunjungan ke kebun hidrovonik ini anak-anak disediakan jus sayur, anak didik sangat antusias meminum jus tersebut. Jus tersebut menghilangkan rasa lelah setelah berkeliling. Tak lupa anak-anak diberikan oleh-oleh untuk dibawa pulang sayuran hasil memanen kerumah masing-masing.

Kegiatan ini memunculkan rasa sayang terhadap ciptaan Allah, khususnya Tanaman. insyaAllah anak didik mendapatkan banyak pelajaran yang kelak akan membentuk karakter mereka.

Penulis : Suniar Putri Handayani, S.Pd. Guru TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dabo Singkep, Kec. Singkep, Kab. Lingga Prov. Kepri

Related posts