Manfaat Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.

Guru & Murid TKN 1 LUMBOK SEMINUNG Kec.Lumbok Seminung, Kab.Lampung Barat, Lampung

RadarJateng.com, Pendidikan Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelengaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletak dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap yang dilalui oleh anak usia dini. Pendidikan pada anak usia dini pada dasarnya memberikan kesempatan dan pengalaman langsung kepada anak dimana anak dapat mengetahui dan memahami pengalaman belajar yang diperoleh dari lingkungan, melalui cara mengamati, meniru, dan bereksperimen yang melibatkan seluruh potensi dan kecerdasan anak.

Tingkat perkembangan setiap individu berbeda, sehingga seorang pendidik harus dapat mengetahui karakteristik dan cara belajar yang dimiliki masing-masing individu. Dalam proses pembelajaran interaksi pendidik dengan siswanya merupakan suatu interaksi yang memiliki tujuan tertentu yang diarahkan pada perubahan yang terjadi dalam diri siswa. Dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri anak, maka seorang guru memiliki persepsi yang berbeda antara anak satu dengan anak yang lain,  hal ini karena persepsi merupakan pandangan mengenai sesuatu hal yang dapat memberikan makna tersendiri terhadap informasi yang diterima sesuai dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Contoh Media Pembelajaran

Berkaitan dengan hal tersebut maka seorang pendidik perlu melakukan berbagai usaha pendidikan, seperti menciptakan lingkungan belajar yang dapat mengaktifkan dan memperkuat proses belajar. Melalui lingkungan belajar yang menyenangkan anak dapat berinteraksi dengan baik untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya. Pengetahuan anak diperoleh melalui aktifitas bereksplorasi anak dengan lingkungan yang ada disekitar anak.

Read More

Guru memiliki peran dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan untuk anak, salah satunya yaitu sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator guru berperan dalam memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik bagi anak, seorang guru memerlukan suatu media pembelajaran. Media merupakan sarana perantara dalam proses pembelajaran.

Contoh Media Pembelajaran Anak TK

Melalui media pembelajaran, guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga mudah dipahami dan dapat menghilangkan verbalisme. Melalui media juga anak dapat memperoleh pengalaman dari suatu kejadian atau peristiwa baik itu secara langsung ataupun tidak langsung. Pengalaman belajar yang diperoleh siswa dapat melalui proses perbuatan atau mengalami sendiri apa yang dipelajari, proses mengamati dan mendengarkan melalui media tertentu dan proses mendengarkan melalui bahasa.

Memberikan pengalaman belajar yang menarik kepada anak tidak harus menggunakan media dengan biaya yang mahal ataupun membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya. Seperti misalnya, ketika guru menyampaikan materi mengenai lingkungan, maka guru hanya perlu mengajak anak-anak untuk mengelilingi lingkungan yang ada di sekitar sekolah atau tempat tinggal anak, hal ini sudah dapat memberikan pengalaman belajar langsung kepada anak tanpa membutuhkan biaya dan waktu pembuatan yang lama.

Penulis : Alifah Resiani, S.Pd Guru TKN 1 LUMBOK SEMINUNG Kec.Lumbok Seminung, Kab.Lampung Barat, Lampung

Related posts