Manfaat Melukis Untuk Anak Usia Dini

Foto : Hasil Melukis Anak TK

RadarJateng.com, Pendidikan – Tumbuh dan berkembangnya kemampuan anak tidak dapat di lihat dengan mudah, tetapi ada tahapan-tahapan yang harus distimulus dari lingkungan tersebut untuk mendukung perkembangannya secara optimal. Masa anak-anak merupakan masa dimana anak memiliki rasa keingintahuan yang mendalam, rasa ingin tahu anak juga dapat di lihat dari keinginan anak tersebut. Melukis merupakan kegiatan belajar dengan bermain bentuk, warna, dan garis yang disusun dalam suatu media, baik itu keras, kain, kanvas, serta dinding yang luas.

Melukis merupakan memvisualkan (menyatakan bentuk bayangan dalam bentuk gambar.38 Menurut Sugiyanto bahwasanya melukis merupakan suatu usaha untuk mencurahkan, menuangkan, mengungkapkan segala perasaan dengan suatu alat melalui bidang datar.39 Moeslichatoen mengemukakan bahwa Kegiatan melukis memiliki manfaat yaitu, untuk dapat melatih kemampuan motorik halus anak, menstimulasi kemampuan logika anak, melatih kepekaan estetika, kemampuan daya bayang ruang (spatial sense), serta memunculkan ide-ide kreatif pada anak.

Foto : Anak Sedang Melukis

Menurut Sulistyo melukis dikatakan sebagai kegiatan menggambar yang disertai menuangkan ungkapan perasaan (ekspresi) sebagai aspek yang paling dominan. Sedangkan menurut Sari menyatakan bahwa melukis merupakan usaha seseorang untuk menyalurkan ungkapan perasaan dengan mennggunakan media seni rupa lazimnya adalah media cat minyak di atas kanvas atau cat air di atas kanvas.

Read More

Berikut beberapa manfaat melukis untuk anak usia dini :

Sebagai media berekspresi

Seperti halnya orang dewasa, aktifitas melukis merupakan cara bagi si kecil untuk mengungkapkan perasaaan dirinya, seperti perasan gembira, sedih, dan sebagainya.

Membantu mengenal perbedaan warna

Kegiatan melukis sejak dini dapat membantu anak mengenal warna, sehingga mereka dapat membedakan antara warna yang satu dengan warna lainnya.

Stimulus otak kanan

Kegiatan melukis mampu mengstimulus otak kiri dan kanan secara seimbang. Bila otak kiri membuat anak lebih realistis, practical, dan analytical, sedangkan otak kanan memubuat anak lebih punya empati, dan intuisi.

Foto : Melukis Bersama

Melatih kemampuan koordinasi

Kegiatan melukis memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat memegang kuas. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

Mengembangkan kemampuan motorik

Kegiatan melukis dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan kemampuan motorik anak.

Meningkatkan konsentrasi

Kegiatan melukis dapat melatih konsentrasi si kecil untuk tetap fokus pada pekerjaan yang dilakukannya meskipun banyak aktifitas lain yang terjadi di sekelilingnya.

Melatih kreativitas anak

Dengan melukis, anak akan menggunakan daya imajinasinya untuk menciptakan suatu bentuk yang ia inginkan. Mereka akan terus berpikir kreatif menciptakan berbagai warna sesuai imajinasinya. Jika ini dilakukan terus-menerus, kreativitas anak akan semakin terasah.

Penulis : Raihanah,S.Pd, Tk Al-Munawwaroh, Desa Padang Kecamatan Bati Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan`

Related posts